Modul buku asuhan berat badan lahir rendah di bidan desa

Asuhan kelainan bawaan 3. Untuk menentukan apakah bayi itu lahir prematur SMK Sesuai Masa Kehamilanmatur normal, KMK atau BMK Besar untuk Masa Kehamilan dapat dengan membandingkan berat badan bayi dalam gram dengan usia kehamilan dalam minggu yang kemudian diplot di kurva pertumbuhan dan perkembangan intrauterin dari Battaglia dan Lubchenco Pusat pengatur pernafasan belum sempuma b.

Pemberian oksigen belum mampu diatur sehingga memudahkan terjadi perdarahan dan nekrosis. Tipe lambat setelah minggu pertama. Bayi berat lahir rendah BBLR berdasarkan batasan berat badan dapat dibagi 3, yaitu: Sarwono, Kalisifikasi bayi baru lahir: Berat badan pada kehamilan khusus apapun sangat berfariasi dan harus digambarkan pada grafik presentil.

Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah

Prematuritas Murni Prematuritas murni adalah bayi lahir dengan usia kehamilan kurang dari 37 minggu dan mempunyai berat badan sesuai dengan berat badan untuk masa kehamilan atau bisa disebut neonatus kurang bulan sesuai masa kehamilan MKB-SMK.

Suhu aksiler kurang dari BBLR termasuk faktor utama dalam peningkatan mortalitas, morbiditas dan diabilitas neonatus, bayi dan anak serta memberikan dampak jangka panjang terhadap kehidupannya di masa depan.

Keadaan ini berhubungan dengan belum matangnya sistem pembekuan darah saat lahir. Masalah jangka panjang yang mungkin timbul pada bayi dengan berat lahir rendah BBLR antara lain: Diakses tanggal 22 November Bayi berat lahir rendah ialah bayi baru lahir yang berat badannya saat lahir kurang dari gram WHO, Mensepakati pendekatan, tujuan dan jadual pelatihan manajemen BBLR.

Faktor Ibu a. Infeksi lokal yang sering terjadi pada bayi muda adalah infeksi pada tali pusat, kulit, mata dan telinga. Inkompatibilitas darah ibu dari janin faktor rhesus, golongan darah A, B, dan O 3. Setelah pada pendahuluan peserta memahami pentingnya masalah BBLR sebagai penyebab utama kematian neonatal, maka pada sesi ini peserta akan mempelajari apa itu BBLR dan apa masalahnya serta manajemennya di tingkat lapangan.

Cuci tangan lalu kenakan sarung tangan bersih 2. Usia ibu pada waktu hamil kurang dari 20 tahun atau lebih dari 35 tahun. Bagaimana insiden BBLR? Lakukan kontak kulit dengan kulit sampai berat bayi minimal gram atau usia koreksi mencapai 40 minggu atau bayi sudah merasa tidak nyaman rewel pada saat di gendong dalam posisi tersebut.

Jakarta www. Memberi tindakan pra-rujukan untuk anak sakit yang dirujuk. Bayi BMK beratnya di atas persentil ke 5 B. Kelainan kongenital merupakan kelainan dalam pertumbuhan struktur bayi yang timbul sejak kehidupan hasil konsepsi sel telur.

Hipotermi Hipotermia adalah penurunan suhu tubuh di bawah C. Suhu normal bayi, baru lahir berkisar 36,50C — 37,50C suhu Axilla. BBLR adalah neonatus dengan berat badan lahir pada saat kelahiran kurang dari gram sampai gram tanpa memandang masa kehamilan.

Dalam setiap kunjungan rumah petugas harus mampu 1. Infeksi lokal adalah Infeksi yang umumnya terjadi pada kulit, tali pusat dan selaput lendir mata dan mulut. Sarwono, 2.

MANAJEMEN BAYI BERAT LAHIR RENDAH UNTUK BIDAN DAN PERAWAT BUKU PANDUAN PELATIH

Gangguan penglihatan Retinopati Penyebab kebutaan bayi lahir prematur adalah retinopathy of prematurity RoPyaitu kelainan pada mata yang disebabkan oleh adanya gangguan perkembangan selaput saraf yang melapisi dinding dalam bola mata atau retina. Semua peserta akan diberi kesempatan berlatih sampai kompeten dan apabila dinyatakan lulus akan diberikan sertifikat kompetensi untuk digunakan dalam perawatan BBLR.

Dengan bagan ini petugas kesehatan diharapkan mampu mengklasifikasikan bayi sakit, melakukan tindakan atau pengobatan, memberikan konseling dan memberikan pelayanan tindak lanjut. Hiperbilirubinemia Hiperbilirubinemia adalah suatu keadaan dimana kadar bilirubin dalam darah mencapai suatu nilai yang mempunyai potensi untuk menimbulkan kern ikterus jika tidak ditanggulangi dengan baik, atau mempunyai hubungan dengan keadaan yang patologis 5.

Mulailah dengan mengucapkan salam dan selalu tersenyumlah setiap kali. Penyebab BBLR 2. Agar kejadian BBLR bisa menurun. Sebagai orang dewasa mempunyai pengetahuan dan pengalaman, dalam pelatihan ini peserta akan saling berbagi pengalaman Setiap orang bebas mengemukakan pendapat dengan tertib, dalam diskusi kelas maupun diskusi kelompok.

Lakukan latihan ini secara intensif. Dokter ahli pediatrics dihadapkan pada masalah hubungan antara usia kehamilan dan pertumbuhan janin.Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah, BUKU KEPERAWATAN KEBIDANAN ONLINE, Buku Saku Asuhan Bayi Dengan Berat Badan Lahir Rendah. Modul Masyarakat Manajemen Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) untuk Bidan di Desa.

Departemen Kesehatan RI. Jakarta 25 KurvaLubchenco 26 27 Departemen Kesehatan RI. Jakarta 25 KurvaLubchenco 26 Modul Masyarakat Manajemen Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) untuk Bidan di Desa.

Departemen Kesehatan RI. Jakarta 25 KurvaLubchenco 26 27 Departemen Kesehatan RI. Jakarta 25 KurvaLubchenco 26 Buku Acuan Manajemen BBLR Untuk Bidan Di Desa - Free download as PDF File .pdf), Text File .txt) or read online for free.

Title: Modul (buku acuan) manajemen bayi berat lahir rendah (BBLR)untuk bidan di desa [BUKU] Authors: Departemen Kesehatan RI, Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat. · Berat badan lahir rendah (BBLR) terdapat 2 penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gram, yaitu karena umur kehmailan kurang dati 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya, sekalipun umur kehamilan cukup atau kombinasi keduanya.

Buku Acuan Manajemen BBLR Untuk Bidan Di Desa
Modul buku asuhan berat badan lahir rendah di bidan desa
Rated 3/5 based on 25 review