Makalah gizi dan diet untuk diabetes melitus dewasa

Adanya neuropati perifer akan menyebabkan terjadinya gangguan sensorik maupun motorik. Etiologi 1. Program Olahraga: Faktor resiko terjadinya GDM adalah usia tua, etnik, obesitas, multiparitas, riwayat keluarga, dan riwayat diabetes gestasional terdahulu. Adapun faktor yang mempengaruhi AKG pada orang dewasa adalah: Jumlah penderita DM yang semakin meningkat semakin membuktikan bahwa penyakit diabetes mellitus merupakan masalah kesehatan masyarakat yang serius.

Dari penjelasan yang tersebut diatas peranan soerang perawat sangat penting dalam pemberian asuhan keperawatan untuk menurunkan angka kesakitan dan angka kematian yang disebabkan karena diabetes mellitus, sehingga diharapkan mahasiswa keperawatan dapat memahami dan menguasai konsep asuhan keperawatan pada pasien diabetes mellitus.

Fisiologi Normal Insulin disekresikan oleh sel-sel beta yang merupakan salah satu dari empat tipe sel dalam pulau-pulau Langerhans pankreas. Diet adalah terapi utama pada diabetes melitus, maka setiap penderita semestinya mempunyai sikap yang positif mendukung terhadap diet agar tidak terjadi komplikasi, baik akut maupun kronis.

Reseptor ini dapat diibaratkan sebagai lubang kunci pintu masuk kedalam sel. Di sisi lain timbulnya DM bisa berasal dari kekurangan insulin yang bersifat relatif yang disebabkan oleh adanya resistensi insulin insuline recistance.

Dengan demikian keadaan ini sama dengan pada DM tipe 1. Obesitas Obesitas berkaitan dengan resistensi kegagalan toleransi glukosa yang menyebabkan diabetes tipe 2.

Pengobatan untuk efek fomogyi ditujukan untuk memanipulasi penyuntikan insulin sore hari sedemikian sehingga tidak menimbulkan hipoglikemia.

Ini akan memudahkan terjadinya gangren. Vitamin E juga penting untuk kesehatan sel darah merah. Diagnosis diabetes dipastikan bila: Untuk menu yang memmerlukan kecap, gunakan kecap diet dalam jumlah terbatas.

Penduduk yang miskin tidak mendapatkan pangan dan gizi dalam jumlah yang cukup. Sumber vitamin B3 terdapat pada daging, unggas, ikan, dan kacang. Menghasilkan status gizi dan kesehatan yang memadai d.

Kebutuhan Kalori Orang Dengan Diabetes.

Makalah Diet Penyakit Diabetes Militus

Diet Diabetes Militus VI: Tujuan ini dicapai melalui berbagai cara, yang masing-masing disesuaikan secara individual. Ini merupakan keadaan gawat darurat.

Sebagian penderita diabetes tipe II mengalami pemulihan kadar glukosa darah mendekati normal hanya dengan intervensi diet karena adanya peran faktor kegemukan.

Lipid penting bagi penyimpanan energi yang tinggi, meningkatkan kalori karbohidrat dan menyediakan bantalan serta penyekatan. Ada juga yang sudah di diagnosis sebagai diabetes tetapi karena kekurangan biaya biasanya pasien tidak berobat lagi.

Sukrosa dan makanan yang mengandung sukrosa harus diperhitungkan sebagai pengganti karbohidrat makanan lain dan tidak hanya dengan menambahkannya pada perencanaan makan. Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dari makalah yang dibuat, yaitu: Dalam skala yang lebih kecil, ada beberapa kasus diabetes oleh syndrome genetic tertentu perubahan fungsi sel beta dan perubahan fungsi insulin secara genetisgangguan pada pancreas yang didapati pada pecandu alcohol, dan penggunan obat ataupun zat kimia.

Kondisi khusus hamil dan menyusui Pada masa hamil dan menyusui, kebutuhan zat gizi meningkat karena metabolisme tubuh meningkat, konsumsi makanan juga meningkat untuk kebutuhan diri sendiri, bayi yang dikandung dan persiapan produksi ASI.

Karena organ-organ tubuh telah berkurang aktivitasnya dan kemampuan tubuh untuk mengolah makanan yang berlebih sudah menurun, maka kebutuhan makanan bagi pria dan wanita usia lanjut lebih sedikit daripada kebutuhan makanan orang dewasa pada umumnya.

Dengan status gizi yang rendah akan sulit untuk hidup secara sehat, aktif, dan produktif yang secara berkelanjutan, dan akan menjadi penyakit turunan. Dan De Maeyer menyebutkan bahwa akibat defisiensi zat gizi besi pada orang dewasa pria dan wanita: Menjelaskan pemeriksaan penunjang diabetes mellitus 9.

Diabetes melitus adalah gangguan kronis dimana tubuh tidak dapat membuat atau menggunakan insulin dengan semestinya.

CONTOH MAKALAH KESEHATAN DENGAN JUDUL DIABETES MELLITUS TIPE 2

Mencegah komplikasi penyakit yang bersifat kronik 5. Jika orang tua menderita diabetes tipe 2, rasio diabetes dan nondiabetes pada anak adalah 1: Hal inilah yang kemudian menyebabkan seorang wanita hamil menderita diabetes gestasional.

Tidak lupa kami mengharapkan kritik atau saran dari para pembaca semata-mata untuk menambah kekurangan-kekurangan dari makalah yang kami susun ini. Mempercepat pengangkutan asam-asam amino yang berasal dari protein makanan ke dalam sel Insulin juga menghambat pemecahan pemecahan glukosa, protein dan lemak yang disimpan.

Menjelaskan mekanisme kerja insulin 3.Tujuan makalah ini adalah mengetahui tinjauan mengenai penyakit Diabetes Melitus baik darisegi pengertian, klasifikasi etiologis, epidemiologi, gambaran klinis, patofisiologi, diagnosa, komplikasi, dan pemberian obat atau prngobatan pasian Diabetes Melitus.

Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan tugas makalah ini masih terdapat kekurangan – kekurangan untuk itu kami sebagai penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun agar penyusun tugas yang berikutnya bisa lebih baik lagi.

Segala puji dan syukur kami ucapkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnya kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul Kebutuhan Gizi pada Reamaja dan Dewasa.

MAKALAH GIZI DAN DIET

Penyusun menyadari terwujudnya makalah ini tidak akan terlaksana tanpa bantuan dan pengarahan dari semua pihak yang telah membimbing. 09/12/ · Diabetes Melitus (DM) merupakan kelainan metabolic dengan etiologi multifaktorial.

Penyakit ini ditandai oleh hiperglikemia kronis dan memengaruhi. Diabetes Melitus merupakan penyakit menahun yang ditandai oleh kadar gula darah yang tinggi dan gangguan metabolisme pada umumnya, yang pada perjalanannya bila tidak dikendalikan dengan baik akan menimbulkan berbagai komplikasi baik yang akut maupun yang robadarocker.com: Infokemdikbud.

Dengan memanjatkan puji dan sukur kehadirat allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidyahnya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah KMB yang berjudul” asuhan keperawatan pada pasien diabetes mellitus” tepat waktuAuthor: Askep Lengkap.

Makalah gizi dan diet untuk diabetes melitus dewasa
Rated 3/5 based on 50 review