Lahir keberatan berat badan

Ikterus dapat diperberat oleh polisetemia, memar hemolisias dan infeksi karena hperbilirubinemia dapat menyebabkan kernikterus maka wama bayi harus sering dicatat dan bilirubin diperiksa, bila ikterus muncul lahir keberatan berat badan atau lebih cepat bertambah coklat. Keadaan status gizi ibu hamil sangat berpengaruh terhadap kondisi janin.

Digunakan masker dan baju khusus dalam penanganan bayi, perawatan luka tali pusat, perawatan mata, hidung, kulit, tindakan aseptic dan antiseptic alat-alat yang digunakan, isolasi pasien, jumlah pasien dibatasi, rasio perawat pasien ideal, mengatur kunjungan, menghindari perawatan yang yang terlalu lama, mencegah timbulnya asfiksia dan pemberian antibiotic yang tepat.

Maka dari itu, bayi tersebut cenderung memiliki berat badan rendah dan bertubuh kecil. Masalah yang umum ditemui pada bayi seperti ini adalah: Usia remaja memberikan risiko terjadinya kelahiran BBLR empat kali lebih besar dibandingkan dengan kelahiran pada usia reproduktif sehat. Untuk bayi yang memiliki berat lahir kurang dari 1,5 kg maka bayi ini disebut dengan bayi BBLSR berat badan lahir sangat rendah.

Asuhan Keperawatan (ASKEP) Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) lengkap, doc dan pdf

Bayi dengan berat badan lahir rendah dapat merupakan hasil dari umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang normal, umur gestasi yang normal dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu, atau umur gestasi yang pendek dengan kecepatan pertumbuhan janin yang terganggu.

Masalah ini dapat dipicu oleh gangguan pada plasenta yang menghambat pertumbuhan bayi akibat tidak mendapat pasokan oksigen dan nutrisi yang cukup. BBLR dapat terjadi ketika bayi lahir secara prematur dengan masa kehamilan kurang dari 37 minggu belum cukup bulanatau bayi mengalami gangguan perkembangan dalam kandungan.

Di samping kelahiran prematur, kondisi lain yang dapat membuat bayi berisiko lahir dengan barat badan rendah adalah: Paru-paru yang belum matang dengan peningkatan kerja bernafas dan kebutuhan kalori yang meningkat.

Produksi amilase pankreas dan lipase, yaitu enzim yang terlibat dalam pencernaan lemak dan karbohidrat juga menurun. Memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu-ibu hamil untuk merawat dan memeriksakan kehamilan dengan baik dan teratur dan mengkonsumsi makanan yang bergizi sehingga dapat menanggulangi masalah ibu hamil resiko tinggi sedini mungkin untuk menurunkan resiko lahirnya bayi berat badan lahir rendah.

Bayi kembar. BBLR yang tidak ditangani dengan baik dapat mengakibatkan timbulnya masalah pada semua sistem organ tubuh meliputi gangguan pada pernafasan aspirasi mekonium, asfiksia neonatorumgangguan pada sistem pencernaan lambung kecilgangguan sistem perkemihan ginjal belum sempurnagangguan sistem persyarafan respon rangsangan lambat.

Pada anamnesa sering dijumpai adanya riwayat abortus, partus prematurus, dan lahir mati b. Pendapatan yang rendah akan menyulitkan seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan bayi terutama dalam hal gizi.

Suradi R. Dengan tindakan ini dapat dicegah sekaligus mengatasi asfiksia sehingga memperkecil kematian bayi BBLR. Hal ini disebabkan beberapa hal: Ibu hamil memiliki masalah emosi selama kehamilan. Selain itu dengan pendidikan dan informasi cukup yang dimiliki ibu diharapkan pelaksanaan Keluarga Berencana dapat berhasil sehingga dapat membatasi jumlah anak, menjarangkan kehamilan, dan dapat menunda kehamilan jika menikah pada usia muda.

Semakin muda umur kehamilan, fungsi organ tubuh semakin kurang sempurna dan prognosisnya semakin kurang baik. Grande multipara adalah wanita yang pernah melahirkan bayi aterm lebih dari lima kali Mempunyai anak lebih dari 4 orang juga akan menambah resiko terhadap ibu dan bayinya, lebih-lebih jarak antara kehamilan kurang dari dua tahun, maka ibu akan lemah akibat dari seringnya hamil, melahirkan,menyusui dan merawat anak-anaknya.Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi yang lahir dengan berat badan lebih rendah dari berat badan bayi rata-rata.

Bayi dinyatakan mengalami BBLR jika beratnya kurang dari 2,5 kilogram, sedangkan berat badan normal bayi yaitu di atas 2,5 atau 3 kilogram. Sementara pada bayi yang lahir dengan berat kurang dari 1,5 kilogram, dinyatakan memiliki berat badan lahir sangat rendah.

Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan sedikit tentang berat badan normal bayi baru lahir menurut WHO. Artikel ini kami harap dapat menjadi penambah informasi khususnya bagi para orang tua yang sedang harap-harap cemas menunggu kelahiran buah robadarocker.com: Author.

Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi baru lahir dengan berat badan pada saat kelahiran kurang dari gr atau lebih rendah (WHO, ).Author: Doni Ice.

Asuhan Keperatan Pada Bayi Berat Badan Lahir Rendah

· Berat Badan Lahir Rendah merupakan istilah untuk mengganti bayi prematur karena terdapat dua bentuk penyebab kelahiran bayi dengan berat badan kurang dari gram, yaitu karena umur hamil kurang dari 37 minggu, berat badan lebih rendah dari semestinya sekalipun cukup bulan atau karena kombinasi keduanya (Manuaba, ).

· Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah bayi dengan berat lahir kurang dari gram (berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir). Bayi berat badan lahir rendah (BBLR) adalah: bayi baru lahir yang berat badan lahirnya pada saat kelahiran kurang dari gram.

Selain itu bayi berat lahir rendah dapat mengalami gangguan mental dan fisik serta tumbuh kembang.

SARAN Diharapkan setelah dirawat bayi dapat: Berat badan naik mencapai normal, daya hisap kuat, tidak terjadi infeksi dan hipotermi, maupun resiko infeksi.

Lahir keberatan berat badan
Rated 0/5 based on 16 review